OMAH KAYU Batu Malang – Penginapan Kayu di atas Pohon

share yuk:
tiket masuk rumah pohon batu malang

Photo on IG by @maria_nivena

Omah Kayu Batu Malang yang terletak di lereng gunung Banyak atau masyarakat setempat juga yang menyebutnya bukit bintang ini sekarang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke kota Batu. Awalnya, daerah ini terkenal sebagai tempat untuk menikmati olah raga ekstrim Paralayang, namun setelah Omah Kayu mulai viral di media sosial dan beberapa stasiun televisi nasional juga mengulasnya, sekarang bukit bintang justru ini lebih dikenal dengan objek wisata Omah Kayunya.

Sesuai namanya, Omah Kayu ini mengusung konsep penginapan yang terbuat dari kayu yang didirikan di atas pohon pinus yang tumbuh di lereng bukit gunung Banyak. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dan kekuatan konstruksi rumah kayu ini karena kayu yang digunakannya pun adalah kayu Eukaliptus, Kasuarina dan Pinus yang terkenal sangat keras dan kuat.

Selain dapat menikmati indahnya kota Batu Malang dari ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut, berselfie ria bersama teman dekat dan keluarga dengan latar yang indah dan eksotis, kita juga dapat menikmati segar dan sejuknya udara di hutan pinus lereng gunung Banyak. Namun kita baru bisa berfoto di teras atau balkon rumah pohon jika sedang tidak digunakan untuk menginap tamu ya.. Nah, bagi Anda yang tertarik berwisata ke tempat ini, berikut ini beberapa informasi alamat atau lokasi, rute menuju Omah Kayu, harga tiket masuk, harga sewa penginapan dan bagaimana cara untuk pesan atau reservasi (booking) serta fasilitas yang tersedia di Omah Kayu.


Alamat dan Rute Omah Kayu Batu Malang

Alamat penginapan Omah Kayu terletak di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65337. Jalan atau medan menuju ke lokasi menanjak dan berkelok seperti pada umumnya jalan di pegunungan. Bahkan kita juga harus berhati-hati karena jalannya cukup sempit dan beberapa di antaranya masih tanah berbatu. Jadi jika Anda belum terlalu mahir menyetir, sebaiknya cari sopir yang sudah berpengalaman.

Adapun rutenya: jika menggunakan kendaraan pribadi, maka dari kota Malang menujulah ke Alun-alun kota Batu. Anda akan melewati beberapa tempat wisata menarik lain seperti Jatim Park 1 dan Museum Angkut > kemudian dari bundaran alun-alun ambil jalan ke arah jalan Gajah Mada yang berada di depan masjid An-Nuur yang dicat hijau dan kuning > berkendaralah terus mengikuti jalan tersebut kira-kira 8 KM, maka Anda akan tiba di tempat tujuan.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
  1. Jam Buka
    Objek wisata Omah Kayu dibuka untuk para wisatawan dari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 wib.  Jadi bagi Anda yang ingin menikmati indahnya kemerlip kota Batu Malang dari ketinggian, maka Anda harus menginap di Omah Kayu.
  2. Harga Tiket Masuk
    Sedangkan untuk tiket masuk, kita harus membeli dua jenis tiket. Yang pertama adalah tiket masuk kawasan objek wisata gunung Banyak sebesar Rp.5.000,-/orang. Tiket ini memberikan akses kepada pengunjung untuk mengunjungi objek wisata Paralayang dan Omah Kayu. Untuk masuk ke area wisata Omah Kayu, Anda harus membeli tiket lagi seharga Rp.5.000,-/orang. Setiap pengunjung hanya diberi waktu sekitar 10 menit untuk masuk karena menggunakan sistem antrian dan hanya dibatasi antara 5-8 orang yang boleh masuk dalam satu waktu.

Cara Booking dan Harga Sewa Penginapan Omah Kayu

Omah Kayu disewakan dengan harga antara Rp.300.000,- hingga Rp.450.000,- tergantung pada hari kedatangan dan juga besar ukuran rumah pohon atau daya tampung tamu yang menginap. Fasilitas yang tersedia di dalamnya diantaranya berupa 1 unit tempat tidur berikut bantal dan selimut serta perlengkapan makan minum. Sedangkan untuk kamar mandinya hanya ada 2 unit namun berada di luar dan digunakan bersama dengan tamu yang lainnya, Di dalam kamar mandi tersebut juga tersedia air hangat untuk mandi.

Jika berminat untuk booking atau reservasi, sebaiknya lakukan jauh-jauh hari karena saya pernah kehabisan walaupun pesan 2 hari sebelumnya. Anda bisa langsung menghubungi nomor-nomor di bawah ini:

  • Mas Nanang: 081931843858 (bisa juga dihubungi untuk paralayang);
  • Anom Harya: Whatsapp/Line di 085746611240 atau Telepon di 085288776565;
  • Wawan S: No. Hp:  081232256186/085749587658; pin BB: 5AA62994

Aktivitas Wisata yang bisa dilakukan
  1. Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di sini tentu adalah menikmati keindahan kota Batu dari Omah Kayu dan beberapa papan kayu yang dibangun di atas pohon (kapasitas maksimal 2 orang) dan berselfie serta merasakan sensasi menginap di rumah pohon;
  2. Pengelola Omah Kayu juga menyediakan Hammock, semacam tempat tidur gantung berupa kain atau jaring yang kedua ujungnya diikatkan ke dua pohon. Untuk naik ke Hammock tersebut, sudah disediakan tangga yang diikatkan ke pohon. Harga sewa per Hammock adalah Rp.10.000,-/orang.
  3. Tidak jauh dari Omah Kayu, Anda juga bisa melihat kota Batu dari ketinggian dengan terbang menggunakan Paralayang (semacam parasut terjun payung).

Fasilitas di Sekitar Omah Kayu
  1. Penginapan
  2. Rumah Makan
  3. Parkir
  4. Toilet
  5. Mushola

Tips berwisata ke Omah Kayu Batu Malang
  1. Bawalah sopir yang sudah berpengalaman karena jalan menuju ke lokasi Omah Kayu berliku dan sempit. Kalau perkiraan saya, kendaraan yang bisa sampai ke area ini maksimal adalah minibus. Jadi Anda harus hati-hati dan waspada terutama ketika berpapasan dengan kendaraan yang datang dari lawan arah.
  2. Bawalah pakaian hangat seperti jaket atau jamper karena udara di area lokasi cukup dingin bahkan terkadang bisa turun kabut.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman terutama untuk kaum wanita agar tidak menggunakan high heel karena jalanan yang dilalui masih berupa tanah dan belum di aspal atau dipaving.
  4. Jika membawa anak kecil, maka Anda harus extra hati-hati karena lokasinya di lereng bukit jadi tentu lokasinya cukup tinggi.

Demikianlah informasi singkat tentang objek wisata Omah Kayu Batu Malang. Semoga bermanfaat, jika Anda menyukai infomasi wisata ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "OMAH KAYU Batu Malang – Penginapan Kayu di atas Pohon"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Ricky

Jdi penasaran pingin kana

wpDiscuz